
Pengertian Service Management
Untuk dapat
memahami apa itu service management, dan mengapa sangat penting untuk
perusahaan, kita perlu memahamai apa itu service management dan bagaimana
service management dapat membantu penyedia layanan untuk memberikan dan
mengelola layanan tersebut.
Service
Service merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada
pelanggan.
Contohnya ketika customers bank
untuk melakukan semua transaksi dan aktivasi online lainnya dengan cara yang
hemat biaya.
Service
management yang penyedia layanan lakukan :
·
Memahami
layanan yang mereka sediakan baik dari konsumen dan perspektif penyedia.
·
Memastikan
bahwa layanan benar-benar memfasilitasi semua keinginan pelanggan.
·
Memahami
nilai layanan tersebut kepada pelanggan mereka.
·
Memahami
dan mengelola semua biaya dan resiko yang berhubungan dengan pemberian layanan
tersebut.
Service
Management adalah seperangkat kemampuan khusus organisasi untuk memberikan
nilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan.
Siklus Hidup Layanan (The Service Lifecycle)

Oleh karena itu, ITIL (Information
Technology Infrastructure Library) V3 berfokus pada siklus hidup layanan (Service
Lifecycle), dan bagaimana cara suatu komponen dalam manajemen layanan saling
berhubungan. Proses dan fungsi juga dibahas dalam fase siklus hidup layanan.
Siklus hidup layanan terdiri dari lima tahap. Setiap buku utama dari ITIL
menjelaskan salah satu fase ini. Proses yang berhubungan dan fungsinya
dijelaskan secara rinci dalam fase atau tahapan di mana mereka memiliki
hubungan yang kuat.
Kelima tahap tersebut adalah :
1.
Service
Strategy (Strategi Layanan) adalah tahap perencanaan strategi dalam membangun
kemampuan manajemen layanan (service management) dan penyelarasan layanan dan
strategi bisnis.
Proses
dan fungsi:
·
Financial
management
·
Service
portfolio management
·
Demand
management
2.
Service
Design adalah tahap merancang dan mengembangkan layanan TI yang sesuai,
termasuk arsitektur, proses, kebijakan dan dokumen. Tujuan service desain adalah untuk memenuhi
kebutuhan bisnis saat ini dan masa depan.
Proses
dan fungsi:
·
Service
catalogue management
·
Service
level management
·
Capacity
management
·
Availability
management
·
IT service continuity management
·
Information
security management
·
Supplier
management
3.
Service
Transition adalah tahap mewujudkan kebutuhan dari tahapan sebelumnya, dan
meningkatkan kemampuan dalam transisi layanan baru dan layanan modifikasi untuk
dijadikan produksi.
Proses
dan fungsi:
·
Transition
planning and support
·
Change
management
·
Service
asset and configuration management
·
Release
and deployment management
·
Service
validation and testing
·
Evaluation
·
Knowledge
management
4.
Service
Operation adalah tahap pencapaian efektivitas dan efisiensi dalam memberikan
dan mendukung layanan dalam rangka untuk memastikan adanya nilai bagi pelanggan
dan penyedia layanan.
Proses
dan fungsi:
·
Event
management
·
Incident
management
·
Request
fulfillment
·
Problem
management
·
Access
management
·
Monitoring
and control
·
IT
operations
·
Service
desk
5.
Continual
Service Improvement adalah fase menciptakan dan memelihara nilai bagi pelanggan
dengan perbaikan desain, dan pengenalan layanan dan operasi.
Proses
dan fungsi:
·
The
7-step improvement process (CSI Improvement Process)
·
Service
reporting
Service Strategy merupakan inti dari
siklus hidup layanan (The Service Lifecycle) yang menunjang semua tahapan lainnya,
pada tahapan ini adalah fase pembuatan kebijakan dan menetapkan suatu tujuan.
Service Design, Service Transition dan Service Operations akan dipandu oleh
strategi ini. Tahapan Continual Service Improvement digunakan untuk belajar dan
pengembangan, dan mencakup semua tahap siklus hidup lainnya. Tahapan dimulai
dengan pengembangan program dan proyek, dan kemudian memprioritaskannya
berdasarkan pada tujuan strategis organisasi.
Measurement, Metrics and The Deming Cycle
Measurement adalah suatu proses
atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu yang bersifat numerik.
Metrics adalah suatu yang
berhubungan dengan ukuran yang mengenai sistem desimal yang menggunakan meter
sebagai ukuran panjang dan gram sebagai ukuran berat.
The Deming Cycle atau Siklus deming
diperkenalkan oleh W.Edwards Deming sebagai metode untuk peningkatan
kualitas. Jika proses berada di tempat ,
mereka dapat diukur . Perubahan dapat dibuat untuk proses-proses dan dampak
dari perubahan dinilai melalui pengukuran lebih lanjut. Hal ini memungkinkan
peningkatan terukur yang sedang berlangsung .
Daftar Pustaka: IT SERVICE MANAGEMENT,A guide for ITIL Foundation second edition, Ernest Brewster
Tidak ada komentar:
Posting Komentar